Blogger Rembang

GERBANG

Komunitas Blogger Rembang

Gerbang Ngisi Acara Santri NgeBlog

Jum’at tanggal 29 September 2011 ini, Gerbang (Komunitas Blogger Rembang) diundang oleh OSIS Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum Guyangan Pati untuk ikut menjadi pembicara dalam acara Seminar Jurnalistik Melalui Blog.  Acara yang diikuti sekitar 60 peserta dari siswa-siswi Aliyah dan Tsanawiyah YPRU (Yayasan Pesantren Raudlatul Ulum) dan beberapa undangan dari sekolah lain ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka memperingati Khaul pendiri pondok pesantren Raudlatul Ulum yaitu Mbah Kyai Suyuti.

Dalam kesempatan bagus ini, Gerbang diwakili oleh saya sendiri (siapa ya?) dan Mas Bro Ahmad Humam (sopo maneh iki?) wkwkw…awalnya kami mau mengajak semua anggota Gerbang tapi karena takut dicekal keamanan pondok sebab nanti dikira mau demo jadi niat itu kami urungkan..hehe..piss mas bro semua. Kami berdua berangkat dari Rembang City ke Pati pagi sekali pukul 07.00 dengan berboncengan motor. Dengan gaya membalap ala raja jalanan pantura, kami sudah sampe di lokasi pukul 08.00, secara sopirnya bapak Humam ini sudah biasa balapan ma bus Rela di perbukitan Purwodadi gitu Loh…

Sebenarnya, acara ini rencananya berbentuk training pembuatan blog, namun dikarenakan satu dan dua hal acaranya berubah menjadi sharing dan tanya jawab. Pada seminar ini kami berdua kebagian tugas untuk menyampaikan materi mengenai dunia blogging. Materi ini bertujuan untuk mengajak supaya santri ngeblog, jangan sampai ketinggalan dengan pelajar-pelajar lain. Secara bergiliran kami memberikan pengantar mengenai seluk beluk blog, kenapa santri harus ngeblog, apa tujuan serta manfaat ngeblog bagi santri. Materi yang diberikan memang dikhususkan untuk pemula karena sebagian besar siswa belum memiliki blog. Kami mencoba mendorong dan memberikan gambaran bahwa blog merupakan media atau alat untuk mempublikasikan tulisan atau karya secara lebih luas tidak sekadar melalui social media facebook maupun twitter.

Selain menjelaskan pengantar di atas, kami juga menunjukkan langkah-langkah teknis untuk membuat blog baru terutama di layanan blogspot. Tutorial ini hanya kami sampaikan sedikit yaitu hingga cara memposting artikel dan mengganti desain template blog karena keterbatasan waktu dan format acara. Setelah selesai acara di salah satu aula lantai 2 komplek gedung YPRU, kami juga menyempatkan diri untuk sowan ke pimpinan YPRU yaitu Bapak Kyai Najib. Beliau senang dan memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan ini serta berharap dapat terus ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya.

Di waktu mendatang diharapkan ada follow up dari OSIS atau panitia untuk mengadakan acara berbentuk workshop pelatihan blog agar para siswa dapat langsung praktek sendiri-sendiri ketika acara berlangsung dan bisa menunjukkan hasil blognya masing-masing. Kami dari Komunitas Blogger Rembang (Gerbang), insyaallah siap untuk membantu mengisi dan sharing untuk sama terus belajar mengenai Blogging. Salam Blogger Rembang.

4 thoughts on “Gerbang Ngisi Acara Santri NgeBlog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *