Video Kuliner Sate Serepeh Rembang

Setelah mencicipi sate ayam Blora, kami melanjutkan perjalanan tour kuliner sate di Kabupaten Rembang. Di jalur pantura timur yang merupakan tempat peristirahatan terakhir Raden Ajeng Kartini ini ternyata memiliki rahasia kuliner sate yang tak kalah dengan Kota Blora. Rembang juga memiliki sajian sate khas pesisir yang akrab di lidah masyarakat Rembang dengan sebutan sate serepeh.

Sate jenis ini banyak dijumpai di kampung pecinan yang ada di Rembang. Salah satu tempat makan yang menyuguhkan menu tersebut adalah warung Pak No, yang berlokasi di jalan Gambiran. Warungnya boleh dibilang sangat sederhana, tidak ada papan nama yang mencolok, hanya spanduk kain usang bertuliskan daftar menu sate serepeh. Menu tersebut merupakan warisan turun-temurun.

Warung sate serepeh ini buka setiap pukul 06.00 WIB, menawarkan jasa bagi warga yang mencari makan pagi atau sarapan. Saking larisnya, biasanya sebelum pukul 10.00 WIB, jatah jualannya telah ludes tak tersisa. Sebagian besar pelanggannya adalah masyarakat Rembang dan para pecinta kuliner dari luar kota Rembang yang jatuh hati dengan menu ini.
 
Berbeda dengan menu sate ayam lainnya, sate serepeh menggunakan bumbu kacang yang dikombinasikan dengan saus santan dan gula merah, sehingga berwarna merah kecoklatan dan lebih encer. Bumbu kacang ini memiliki cita rasa yang gurih, asin dan pedas. Konon, dari warna merah bumbu ini kemudian dinamakan serepeh. Sebagai pendampingnya adalah nasi tahu ditabur dengan kecambah, yang diguyur bumbu kacang. Tak ketinggalan, sayur lodeh dengan isi labu sebagai pelengkapnya, menjadikan menu ini lebih lezat apalagi jika disantap pada pagi hari. Akan lebih nikmat lagi jika dimakan dengan krupuk ikan atau udang yang digoreng dengan pasir, sehingga mereduksi kadar kolesterol.

Untuk penyajiannya hampir sama dengan sate ayam Blora, sate serepeh juga biasa disantap dengan alas daun jati. Aroma daun jati memang semakin menambah selera makan saat menyantapnya.

Sumber: http://www.suaramerdeka.tv/view/video/31489/sate-serepeh-menu-sarapan-di-rembang

Tentang Amix

Sudah menulis 66 artikel di blog ini.

Dipanggil Amix oleh keluarga dan teman-temannya. Pendiri sekaligus Admin Komunitas Blogger Rembang. Cuman iso copy paste terus edit-edit sithik kanggo Rembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] parampaa emoticons by masova, Edited by loewyi Modified from nartzco