Blogger Rembang

GERBANG

Komunitas Blogger Rembang

Seri Rembang Kuno dalam Gambar: Gereja Portugis

Halo teman-teman Gerbang dan pembaca blog Gerbang, pada kesempatan kali ini saya akan memposting foto-foto jadul (jaman dulu) yang menggambarkan tempat atau lokasi yang cukup populer di kota Rembang. Rencananya, akan saya tampilkan sebagai seri Rembang Kuno dalam Gambar. Pada postingan seri pertama ini, saya akan menampilkan gambar salah satu bangunan yang ada di kompleks Taman Kartini sekarang Dampo Awang Beach. Bangunan itu adalah sebuah gereja tua peninggalan zaman Portugis. Sekarang gedung tua itu dimanfaatkan menjadi Perpustakaan Daerah Rembang. Gedung tua itu juga telah ditetapkan oleh pemerintah daerah sebagai Benda Cagar Budaya jadi harus dipelihara dan tidak boleh dijual ya, wkwkwk….

Gereja Tua Portugis di Komplek Taman Kartini
Kini dipakai untuk gedung Perpusda Rembang

Foto-foto Rembang masa lampau sudah banyak bertebaran di Forum, Blog, Website, maupun Facebook. Namun, kemungkinan foto-foto kuno ini berasal dari dokumentasi Pemerintah Kolonial Belanda, saya sendiri meng-copy foto-foto kuno ini dari salah satu situs Belanda di sini. Banyak sekali sebenarnya foto-foto hitam putih yang mendokumentasikan tidak hanya Rembang tapi juga lokasi/tempat bersejarah di daerah tetangga kita se-Karesidenan Pati.

Bagi teman-teman yang punya info atau foto yang lebih detail, bisa menambahkan.

Salam Gerbang.

Sumber Gambar Perpusda: http://bkdrembang.phpnet.us/foto_berita/small_55perpusda.jpg

6 thoughts on “Seri Rembang Kuno dalam Gambar: Gereja Portugis

    1. boleh juga diposting di sini om, di internet memang banyak ditemui foto-foto tidak hanya Rembang kuno tapi juga daerah-daerah lain. Kemungkinan besar milik dokumentasi Belanda. Saya mendapatkannya juga dengan mendownload dari salah satu situs foto-foto di Belanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *