Reportase Kopdar Lebaran Gerbang Tahun 2012

Alhamdulillah kopdar lebaran tahun 2012 telah selesai kita selenggaran pada hari Sabtu tanggal 25 Agustus 2012 bertempat di rumah Humam (Ahma Indraki) Rembang. Blogger Gerbang yang hadir tercatat sekitar 25 orang dari berbagai kecamatan di Kabupaten Rembang. Berikut beberapa hasil musyawarah yang disepakati oleh para peserta kopdar.

Pertama, penyampaian LPJ pengurus Gerbang periode 2011-2012. LPJ akhirnya diterima tanpa syarat (nak ora diterimo yo mutung penguruse hehe) oleh para anggota Komunitas Blogger Rembang. Adapun poin-poin LPJ itu antara lain:

Kegiatan Gerbang:

  1. Sosialisasi / Pelatihan Blogging di Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum Guyangan Pati 29 September 2011.
  2. Sosialisasi eksistensi Gerbang di suara kabar (Suara Merdeka 6 Januari 2012 dan Suara Rembang).
  3. Pembuatan Kaos Komunitas Blogger Rembang (Gelombang pertama diproduksi 18 kaos).
  4. Uang kas sebesar Rp. 50.000,- sisa dari pembuatan kaos disumbangkan kepada anggota Gerbang yang kecelakaan (bro Arif).
  5. Pembuatan Peraturan Posting di Grup Facebook dan Blog Gerbang.
  6. Mengidentifikasi spesialisasi keahlian atau minat blogger anggota.
  7. Pembuatan forum diskusi Gerbang di http://forum.rembang.org dan aggregator feed blog anggota Gerbang di http://blog.rembang.org (keduanya masih dalam tahap pengembangan).
  8. Posisi SERP blog http://rembang.org berada di Halaman 1 Google (biasanya rangking 3 besar) untuk kata kunci “Rembang”.
  9. Untuk sementara biaya sewa domain dan hosting masih ditanggung perseorangan.
  10. Penyelenggaraan pertemuan offline para anggota Gerbang (Kopdar Lebaran, Kopdar Punjulharjo, Buka Bersama Ramadlon).

Kendala:

  1. Banyak anggota Gerbang yang berada di luar daerah Rembang sehingga menyulitkan koordinasi pertemuan offline para anggota.
  2. Belum adanya semacam sekretariat atau basecamp untuk sharing secara lebih intensif.

Setelah LPJ pengurus diterima agenda selanjutnya adalah pemilihan pengurus dan koordinator wilayah Gerbang yang baru untuk periode 2012-2013. Berikut susunan pengurus dan koordinator wilayah yang baru:

Ketua: Amix, Sekretaris: Kang Niam, Bendahara: Syam Arsul

Koordinator Rembang: Humam (Ahma Indraki), Lasem: Wahyu Nuryanto, Sluke: Ain (Zulkarnain), Kragan: Wijaya, Sarang: Om Rudi, Sedan: Om Didien, Pamotan: Amix, Gunem: Zaeni.

Setelah memilih dan menyepakati pengurus serta koordinator baru, agenda selanjutnya yaitu menyepakati kategori-kategori yang akan dibuat di Forum Komunitas Blogger Rembang sekaligus menunjuk beberapa moderator untuk mengurus forum tersebut. Forum ini beralamat di http://forum.rembang.org dengan dibangunnya forum ini diharapkan hasil sharing para anggota dapat tersimpan dan terdokumentasi dengan baik.

Karena keuangan/kas Gerbang selama ini masih ditanggung perorangan secara sukarela maka diusulkan dan disepakati untuk mendanai keuangan Gerbang melalui beberapa cara, yaitu:

  1. Donasi dari anggota ataupun non anggota yang sifatnya sukarela, bebas dan tanpa syarat.
  2. Iklan banner di blog Gerbang (untuk detail penawaran pemasangan iklan di blog Gerbang bisa dibaca di halaman ini).

Alhamdulillah, seorang Blogger Mesir asal Kragan yaitu Mas Ahmad Muchlis bersedia menanggung hosting blog Gerbang sehingga bisa diupgrade menjadi unlimited (thanks Mas Muchlis….).

Disetujui juga rencana untuk mengadakan semacam pelatihan blogging untuk pelajar setingkat SMA dan SMP. Kita mengharap bantuan Om Didien, Bro Syams dan Om Ruddin Noer untuk berkoordinasi dengan pihak sekolah, semoga bisa lancar rencana kerjasama ini.

Acara selanjutnya adalah sesi sharing, banyak dan panjang sebenarnya isi dari sesi ini, tetapi hanya beberapa yang saya ingat terutama pengalaman dari teman-teman yang berhasil menjuarai kontes SEO.

Sharing Humam: Cara dan script memposting artikel ke banyak blog dummy sekaligus dalam satu waktu; Cara membuat backlink yang kuat biar bisa bertahan ketika ikut kontes SEO.

Sharing Kang Niam: Cara membuat backlink dengan skema linkwheel dan lain-lain.

Sharing Mas Muchlis: Cara Riset Keyword, Cara membuat backlink berkualitas via blog directory, cara membuat blog streaming tv.

Untuk detail sharing di atas sebenarnya hanya untuk anggota yang menghadiri kopdar tapi bagi yang tidak hadir bisa nongkrong dan aktif di forum Gerbang, siapa tahu nanti ada yang sharing secara lengkap hehe…

Sebenarnya masih banyak yang bisa dituliskan di reportase ini tapi males nulise wkwk…acara selanjutnya yaitu acara inti makan-makan…matur nuwun sanget kepada tuan rumah Bapake Humam sekeluarga yang telah menerima dan menjamu kita. Kita hanya bisa ngrepoti dan mengucapkan terima kasih..hiks..hiks…

Setelah sholat dhuhur, kita bersama-sama menjenguk salah satu anggota Gerbang yang terkena musibah/sakit yaitu mas Arif. Semoga mas Arif cepat sembuh dan bisa meramaikan forum Gerbang kembali, amin.

Akhirnya kita semua berpisah dan pulang ke rumah masing-masing. Semoga reportase kopdar ini bermanfaat dan semoga juga Gerbang bisa terus memberikan kontribusi positif bagi kota Rembang tercinta. Salam Asolole…eh Salam Gerbang…  

 

Tentang Amix

Sudah menulis 66 artikel di blog ini.

Dipanggil Amix oleh keluarga dan teman-temannya. Pendiri sekaligus Admin Komunitas Blogger Rembang. Cuman iso copy paste terus edit-edit sithik kanggo Rembang.

One Response to Reportase Kopdar Lebaran Gerbang Tahun 2012

  1. pertemuan seperti ini bagus sekali buat kemajuan Komunitas Gerbang,krn kita bisa saling share dan tukar pikiran/Ide tentang apapun yg brkaitan dg Intenet dan blog disamping juga kita dapat tmen baru yg sblmnya hanya kt kenal lwat mdia Online saja. & yg terahir menyambung tali Silaturrahmi D., Salam sukses.. GERBANG JAYA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] parampaa emoticons by masova, Edited by loewyi Modified from nartzco