R.A. Kartini: Pahlawan Wanita yang Wafat di Rembang

Orang yang pernah makan bangku sekolah pasti tahu dengan Raden Ajeng Kartini. Beliau adalah Pahlawan Wanita Indonesia yang meninggal dan dimakamkan di Rembang. Kartini lahir di Jepara pada tanggal 21 April dan tanggal kelahirannya ini diperingati sebagai Hari Kartini. Peringatan Hari Kartini diadakan untuk mengenang dan menghargai jasanya dalam memperjuangkan hak-hak perempuan pada masa penjajahan Belanda.

Kartini muda menikah dengan Bupati Rembang pada zaman itu dan dia ikut suaminya memimpin rakyat Rembang. Beliau mendirikan sekolah khusus untuk mendidik dan mengajari para perempuan pribumi yang pada waktu itu tidak diperbolehkan sekolah. Ibu kita Kartini memperjuangkan persamaan hak-hak perempuan yang tidak diberikan oleh Belanda. Para perempuan pribumi itu dididik agar mempunyai kepercayaan diri dan keterampilan, sehingga bisa memperoleh kedudukan yang sama dengan laki-laki yang pada waktu sangat menguasai. Kartini meninggal di Rembang dan dimakamkan di Desa Mantingan Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang. Peninggalan R.A. Kartini yang paling terkenal adalah buku berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang yang merupakan kumpulan pemikiran yang dituliskan dalam surat-surat yang ditujukan kepada sahabatnya.

Itu tadi sekelumit cerita perjuangan Kartini yang saya ketahui. Saya tidak berani bercerita panjang-panjang karena takut salah dan lagi males googling..hehe. Untuk info selanjutnya dicari sendiri saja ya. Peringatan Hari Kartini tanggal 21 April biasanya diisi oleh anak-anak sekolah dengan berbagai lomba yang identik dengan aktivitas perempuan. Para siswa juga memperingatinya dengan upacara memakai pakaian tradisional Jawa.

Kita tentu bisa meneruskan nilai-nilai yang diperjuangkan oleh Kartini melalui sikap-sikap dan aktivitas serta program tertentu. Saat ini nilai-nilai perjuangan Kartini mungkin bisa dikaitkan dengan emansipasi wanita, kesetaraan gender, gerakan feminisme, wanita karir, kekejaman dalam rumah tangga, penyiksaan TKW, perdagangan perempuan, pernikahan di bawah umur, dan masih banyak lagi. Kalau ada problem terkait hal-hal tersebut mungkin bisa didiskusikan lebih lanjut melalui kolom komentar.

Di Rembang, ada beberapa nama lokasi/tempat yang akan terus mengingatkan kita pada Kartini. Pertama, Museum Kartini yang terletak di kompleks Pendopo Kabupaten Lama. Saya sendiri kurang tahu seperti apa sekarang kondisi tempat penyimpanan benda-benda peninggalan Kartini itu. Dulu juga ada Pantai Rekreasi Kartini yang lebih dikenal dengan nama Taman Kartini tetapi sekarang sudah berubah namanya menjadi Dampo Awang Beach. Perubahan nama ini mungkin agar tidak sama dengan Pantai Rekreasi di Jepara yang namanya juga Pantai Kartini dan lebih terkenal bagi para wisatawan Jawa Tengah maupun Nasional. Selanjutnya Makam Kartini yang terletak di Desa Mantingan Kecamatan Bulu. Makam ini dekat dengan Kolam Renang dan Wana Wisata Mantingan, bila anda dari Rembang mau pergi ke Blora lewat jalur darat pasti akan menemui makam ini.

Selamat Memperingati Hari Kartini. Salam dari Komunitas Blogger Rembang

Tentang Amix

Sudah menulis 66 artikel di blog ini.

Dipanggil Amix oleh keluarga dan teman-temannya. Pendiri sekaligus Admin Komunitas Blogger Rembang. Cuman iso copy paste terus edit-edit sithik kanggo Rembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] parampaa emoticons by masova, Edited by loewyi Modified from nartzco