Potensi Otak Manusia

den xiii

Selama berabad-abad lamanya para ilmuwan telah mencoba untuk memahami cara otak manusia bekerja dari dalam. Mereka telah mencoba memetakan sirkulasi dari kerja otak, bahkan sampai mencatat aktifitas elektriknya, sudah mampu memaparkan metabolism glukosa, mengukur dan meyelidiki bagian-bagiannya, bahkan melacak pertumbuhan neuronalnya, akan tetapi semuanya itu hanya sebagian kecil dari potensi dari otak yang telah diketahui.

Otak merupakan komponen atau bagian terpenting bagi manusia. Ada beberapa aspek yang menjadikan komponen otak begitu penting, walaupun penelitian yang dilakukan sejauh ini oleh para peneliti begitu keras namun hanya beberapa yang mampu dihasilkan karena otak begitu misterius sehingga manusiapun begitu sulit untuk menemukan betapa dahsyatan fungsi otak bagi manusia tak jarang yang pernah kita dengar seorang Albert Enstain saja baru menggunakan 1% dari pada kemampuan otak, terus yang 99% menjadi sebuah misteri.

Berikut sebagian fakta terkait tentang sebuah otak manusia;

  1. Otak manusia tidak akan pernah sama dengan orang lain dalam hal penyimpanan informasi dengan cara yang sama di tempat yang sama. [click]
  2. Otak manusia dapat mengubah bentuk fisik tergantung pada apa yang dilakukan dan dipelajari dalam kehidupannya. [click]
  3. Olah raga bagi otak manusia dapat meningkatkan kekuatan otak, meningkatkan kemampuan berpikir, dan dengan olah raga akan dapat memompakan darah ke otak, mengalirkan glukosa untuk energy dan oksigen untuk menyerap electron beracun, serta juga dapat merangsang protein yang membuat neuron tetap terhubung.
  4. Otak manusia terdapat 3 komponen, otak kecil, otak mamalia, dan otak manuisa. (1) otak reptil berfungsi untuk membuat kita tetap bernafas, tidur, jantung berdenyut, dan menjaga kondisi tubuh. (2) otak mamalia berfungsi untuk berkelahi, memberikan makan, menyelamatkan diri, dan berreproduksi. (3) otak manusia berfungsi untuk mengatur strategi dalam hidup, kerjasama, dan berfikir.
  5. Otak tidak bisa melakukan berbagai pekerjaan secara bersamaan atau multitasting dalam hal ini terkait akan perhatian manusia hanya bisa digunakan dalam satu perhatian saja.
  6. Otak membuatuahkan waktu untuk beristirahat, karena kerja otak sangat padat yaitu berat hanya 2 persen dari berat badan orang pada umumnya, namun pengunaan energinya mewakili 20 persen dari keseluruhan penggunaan energy tubuh –sekitar 10 kali lebih tinggi dari pada yang diduga- serta tidur merupakan treatment bagi otak yang lelah karena dengan tidur otak akan meningkatkan perhatian atau daya tangkap, fungsi eksekutif, memori kerja, mood, keterampilan kuantitatif, penalaran logis, bahkan ketangkasan motorik, karena selama kita beraktifitas otak akan mengalami ketegangan secara terus-menerus antara sel serta senyawa kimiawi.
  7. Stress akan mengakibatkan fungsi otak menjadi lemah, karena akan mempengaruhi respon kekebalan, karena system pertahanan tubuh dibangun untuk memberikan respon seketika terhadap satu bahaya yang serius.

Referensi; – Jansen, Eric. 2008. Brain-Basen Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
– Medina, Jhon. 2011. Brain Rules, 12 kedahsyatan otak di tempat kerja, sekolah, dan rumah. Jakarta: PT. Gramedia

Tentang den xiii

Sudah menulis 5 artikel di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] parampaa emoticons by masova, Edited by loewyi Modified from nartzco