Blogger Rembang

GERBANG

Komunitas Blogger Rembang

PhenomCMS – Indonesian CMS, Codeigniter Based

Hai teman2 GERBANG semua..sebelumnya saya ucapkan minal aidin wal faizin maaf lahir batin ya teman2,jika saya punya salah. OK, langsung saja saya mau me-review tentang Phenom CMS yaitu salah satu CMS buatan anak bangsa.Mungkin teman2 yang belum tahu nanti bisa dicoba dan di analisa kira2 ada bug2 nya ndak.hehe,soalnya saya ndak bisa kalau ngutek2 PHP gitu (mumet).

Phenom CMSSebelumnya memang banyak CMS buatan anak Indonesia. namun cukup jarang yang dibuat dari framework Code Igniterini. Kebanyakan dibuatnya dari Zend atau coding sendiri.

Lalu apa saja fitur dan keunggulan dari Phenom CMS ini? saya sendiri masih mencoba-cobanya. Namun, saya sudah berhasil menginstall di hosting online (walaupun hostong free,ternyata bisa lho). Ya, proses installasinya mirip joomla, atau malah lebih simple dibandingkan joomla. Adapun fitur-fitur nya adalah :

  1. Sistem menu
  2. Halaman
  3. Theme dan template
  4. Posting dan kategori posting
  5. HTML Editor dengan FCKEditor
  6. Thumbnail dan image auto resize (dengan GD Library)
  7. Tagged
  8. Komentar, emoticon dan captcha
  9. Galeri Foto
  10. Polling
  11. Buku Tamu
  12. Custom Widget dengan HTML editor panel
  13. RSS Feed

Selain karena fitur-fitur nya yang lumayan, PhenomCMS ini juga lumayan ringan dibandingkan CMS lainnya. Bukan tak mungkin suatu hari nanti CMS ini bisa melebihi WordPress atau Joomla sekalipun. So, apakah teman2 tertarik menggunakan CMS ini? silahkan ke Situs resminya di phenomcms.com. CMS ini open Source lho, jadi anda juga bisa turut mengembangkannya. Atau anda dapat berdiskusi juga di forum.phenomcms.com walaupun belum terlalu banyak dan ramai yang menggunakannya.

Contoh web yang saya install CMS ini bisa dilihat di sini.

NB: Bagi teman2 yang bisa coding dan paham tentang PHP,jika menemukan bug dan kelemahan lain tentang CMS ini bisa di sharing di web ini.

8 thoughts on “PhenomCMS – Indonesian CMS, Codeigniter Based

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *