Permasalahan Konservasi Ekosistem Mangrove di Pesisir Rembang

mangrove rembangTujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi beberapa hal yaitu (i) Keanekaragaman spesies tumbuhan mangrove, (ii) permasalahan konservasi ekosistem mangrove, (iii) upaya pemulihan ekosistem mangrove di wilayah pantai kabupaten Rembang. Penelitian deskriptif ini dikerjakan dengan metode kualitatif pada Juni sampai Desember 2003 di tiga situs habitat mangrove kabupaten Rembang yaitu Pecangakan, Pasar Banggi, dan Lasem. Data dikumpulkan melalui survey lapangan, wawancara mendalam kepada warga atau pemerintah daerah dan diuji dengan peta topografi pulau Jawa (1963-1965) dan gambar satelit digital Landsat 7 TM (Juli-September 2001).

Hasil penelitian di pesisir kabupaten Rembang ini menemukan 27 spesies tumbuhan mangrove, terdiri dari 12 spesies mangrove mayor, 2 spesies mangrove minor, dan 13 spesies tumbuhan asosiasi mangrove. Tumbuhan mangrove di pesisir Lasem dan Pasar Bangi didomimasi oleh Rhizophora, sedangkan di Pecangakan didominasi Avicennia. Penyumbang terbesar kerusakan ekosistem mangrove di pesisir Kabupaten Rembang, antara lain: pertambakan, penebangan pepohonan, reklamasi dan sedimentasi, serta pencemaran lingkungan. Restorasi mangrove di pesisir Pasar Bangi, Rembang dengan penanaman Rhizophora cukup berhasil, salah satu faktor penting pendukungnya adalah keikutsertaan masyarakat dalam manajemen pengelolaannya.

Ahmad Dwi Setyawan (Jurusan Biologi UNS)
Kusumo Winarno (Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Biodiversitas LPPM UNS)
Sumber: Jurnal Biodiversitas Volume 7, Nomor 2, April 2006.

Foto: http://shashafirazahraovaditya.blogspot.com/

Tentang Amix

Sudah menulis 66 artikel di blog ini.

Dipanggil Amix oleh keluarga dan teman-temannya. Pendiri sekaligus Admin Komunitas Blogger Rembang. Cuman iso copy paste terus edit-edit sithik kanggo Rembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] parampaa emoticons by masova, Edited by loewyi Modified from nartzco