Blogger Rembang

GERBANG

Komunitas Blogger Rembang

Met Ultah Kotaku Rembang

Hari ini (27 Juli 2011) ternyata Kota Rembang tercinta ulang tahun lho kawan-kawan Blogger, tepat berusia 270 tahun. Sudah sangat tua ya kota kita ini kalo ukurannya pakai umur manusia hehehe…Konon sejarahnya pada tanggal 27 Juli 1741 terjadi pertempuran sengit antara rakyat Rembang dengan Penjajah Belanda VOC di daerah Rembang ini.

Gerakan rakyat Rembang yang menyerang Belanda tersebut di bawah Panglima Anggajaya atas perintah Susuhunan Pakubuwono II dengan semboyan perang suci melawan Belanda. Kemudian bersama dengan gerombolan pemberontak Cina yang dipimpin oleh yang dikenal sebagai Pajang melakukan penyerangan terhadap Belanda. Serangan ini berhasil menghancurkan Garnisum Kompeni di Rembang dan menewaskan Residen Rembang. (Radar Kudus, 27/7/11). Mungkin ada versi lain dari sejarah hari jadi kota Rembang ini bersumber dari cerita yang berkembang di masyarakat, tetapi intinya hampir sama terjadi peperangan rakyat Rembang tertindas melawan penjajah kompeni yang kejam.

Saya dan teman-teman Gerbang (Komunitas Blogger Rembang) mengucapkan selamat hari jadi yang ke 270 untuk kota kita yang tercinta dan tersayang. Semoga semuanya yang terkait dengan Rembang menjadi lebih baik. Kami berharap komunitas Gerbang ini bisa menyumbang peranan kecil bagi kemajuan kota Rembang. Mari kita maknai dengan mendalam semangat heroik/perjuangan dalam sejarah kelahiran kota Rembang agar kita bisa berkarya terus di masa-masa mendatang. Sudah ya, ki wes karo tekluk-tekluk ngetike…monggo ditulis versi lengkape ya atau reportase perayaan HUT Rembang. Salam Perjuangan dan Perlawanan, Merdeka!!

5 thoughts on “Met Ultah Kotaku Rembang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *