Lontong Tuyuhan, Mau?

Salah satu jenis makanan yang terkenal dari daerah Rembang adalah Lontong Tuyuhan. Teman-teman Blogger Rembang pasti sudah tahu semua. Saya yakin hampir semua Blogger dan warga Rembang pasti doyan dan suka masakan lontong dengan sayur opor ayam ini. Kalau ada yang nggak tahu atau belum pernah makan Lontong Tuyuhan mending gak usah ngaku jadi orang Rembang ya wkwkwk mekso nak iki…

Lontong Tuyuhan bisa disebut sebagai kuliner andalan Kabupaten Rembang. Lontong ini merupakan Lontong yang dicampur dengan sayur opor ayam. Lontong opor ini berbeda dengan lontong opor biasa lainnya karena mempunyai rasa yang lebih khas, gurih, sedap, pedas, nikmat pokoke Mak Nyus pol…daging ayamnya juga pakai ayam kampung jadi lebih masuk rasanya apalagi ditambah taburan bawang goreng di atasnya pasti makin bikin ngiler aja. Saya tidak akan mendeskripsikan rasa dan bentuk Lontong Tuyuhan secara panjang lebar soalnya makanan ini bukan untuk diceritakan tapi buat disantap nyam-nyam….Susah sebenarnya membayangkan kekhasan rasa lontong tuyuhan lewat tulisan mending langsung dirasakan saja masakannya…yo mesti no…hehehe.

Kata Tuyuhan maksudnya adalah tempat atau desa yang penduduknya membuat dan berjualan Lontong Tuyuhan secara turun temurun. Desa ini terletak di Pancur sebuah kecamatan di selatan Lasem. Kata orang-orang, resep untuk memasak lontong tuyuhan tidak berbeda jauh dengan memasak lontong dengan sayur opor biasa tapi kenyataannya tidak banyak orang yang bisa membuatnya. Kelihatannya harus dengan bumbu spesial atau cara tertentu yang membikin rasanya khas dan beda, mungkin resep rahasia inilah yang diwariskan turun-temurun oleh warga Tuyuhan sejak dahulu hingga sekarang.

Bagi teman-teman blogger dan pembaca yang hobi memasak dan ngebet pengen bisa buat Lontong Tuyuhan, tampaknya perlu mencoba menanyakan resep rahasia ini kepada penjual Lontong Tuyuhan, siapa tahu ada yang beruntung dikasih bocoran. Bila perlu, teman-teman bisa minta diajari cara memasak lontong tuyuhan ini, sekalian kursus privat biar bisa buka warung Lontong Tuyuhan sendiri, hehe.

Lontong Tuyuhan ini memang asli masakan dari Rembang, agak susah mencari warung yang menjual Lontong Tuyuhan di kota lain, kalaupun ada biasanya rasanya tidak seperti aslinya. Saya juga kurang tahu mengapa para penjual Lontong Tuyuhan ini jarang sekali yang berjualan atau membuka cabang di luar kota Rembang. Penduduk Rembang juga menyebut nama Lontong Tuyuhan dengan istilah Lontong Balap karena kalau makan lontong ini bareng-bareng pasti orang-orang pada balapan habisnya, saking enaknya atau saking laparnya ya? Hihihi.

Dulu sewaktu saya masih SD, penduduk Tuyuhan berjualan lontong ini dengan menggunakan pikulan yang diangkut dengan sepeda. Mereka berkeliling menuju ke desa-desa sekitar seperti desa saya Pamotan yang berbatasan dengan desa Tuyuhan. Namun, sekarang aktivitas tersebut sudah berhenti. Kini sudah ada beberapa komplek warung yang menjajakan Lontong Tuyuhan, kita tinggal datang ke komplek itu dan bisa memilih warung kesukaan atau langganan kita.

Bagi teman-teman yang berasal dari luar kota Rembang dan ingin mencicipi uenaknya Lontong Tuyuhan bisa datang ke kompleks ini. Kalau dari arah Masjid Jami’ Lasem terus saja ke selatan nanti sampai di pertigaan Pasar Ndhuwur ambil ke kanan ikuti jalan itu sampai ketemu daerah persawahan atau tegalan, nah di kanan jalan nanti ada semacam kompleks warung-warung Lontong Tuyuhan. Jadi kita bisa makan Lontong Tuyuhan yang nikmat dan menikmati asrinya pemandangan persawahan desa. Setahu saya ada juga beberapa kompleks warung lain seperti yang baru di bangun di Pamotan tapi saya tunjukkan satu saja biar gak bingung, wong saya sendiri juga susah ngasih denahnya…hahaha…kalo mau gampang, traktir aja saya nanti saya anter ke TKP-nya hahaha…

Oh ya hampir lupa, harganya seporsi Lontong Tuyuhan cukup murah, dengan membawa uang sepuluh sampai lima belas ribu rupiah, teman-teman bisa makan seporsi lontong dengan sayur opor lengkap bagian daging ayamnya yang bisa kita pilih plus teh botol. Teman-teman dijamin pasti wareg dan puas….ingat Lontong Tuyuhan lho ya ora Lontong Kuyuhan…Hidup Rembang, Salam Gerbang.

Sumber Gambar:

http://www.promojateng-pemprovjateng.com/fotopromo/1073223859lontong%20tuyuhan%20.jpg
http://2.bp.blogspot.com/_2r3Mb_zxYkw/S8VhE9WrP5I/AAAAAAAAABg/yPkxPLgngHg/s1600/tuyuhan2.jpg
http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2008/05/25/074844p.jpg

Tentang Amix

Sudah menulis 66 artikel di blog ini.

Dipanggil Amix oleh keluarga dan teman-temannya. Pendiri sekaligus Admin Komunitas Blogger Rembang. Cuman iso copy paste terus edit-edit sithik kanggo Rembang.

13 Responses to Lontong Tuyuhan, Mau?

  1. Wah..enak tenaaaaaaaan ki mas..Aku jadi kangen sama REMBANG…… :lol:
    Ahmad memposting..Hello world!My Profile

  2. dadi pingin bali aku dex

  3. Sepertinya enak sekali ya, andai bisa turut mencicipinya 😀
    kips memposting..Ludah dan Kuasa LidahMy Profile

  4. Uenak itu….saya pernah makan di Tuyuhan. di tengah sawah….
    blontankpoer memposting..Internèt Kanggo RakyatMy Profile

  5. sepertinya lontong tuyuhan tuh perlu dibuat franchise (waralaba) supaya bisa membooming dan mendatangkan kekayaan.. 😀

    Dulu sempat tercetus ide mau nyulik orang tuyuhan satu aja, terus disuruh jualan lontong tuyuhan di Malang.. ha ha ha..

    namun kata teman teman “durung mesti payu… ilate wong Rembang karo Malang iku bedo..” wkkk

  6. ketoke pernah njajal terus kepedesen.. wakakakakk
    alivfaizalmuhammad memposting..Download software efek gitar untuk pc guitar rig 3 dan guitar rig 4My Profile

  7. wah mantap mas lontonge, jadi kangen

  8. jan tenan lontong unik kang,…..

    opor ayam rasa pedes di tambah teh botol,. tur nek madang nek tengah sawah,…… smoga makanan asli rmbng nie sukses jalannya udah di perlebar gt,…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] parampaa emoticons by masova, Edited by loewyi Modified from nartzco