Kopdar Gerbang di Desa Punjulharjo

Hari minggu tanggal 26 Februari 2012 yang lalu, anggota Gerbang berkumpul di Balai Desa Punjulharjo Lasem untuk mengadakan Kopdar Komunitas Blogger Rembang yang kedua. Pertemuan anggota Gerbang ini juga diikuti oleh beberapa pemuda dari Karang Taruna selaku tuan rumah dan tidak ketinggalan Bapak Kades Punjulharjo. Acara yang rencananya dimulai jam 09.00 ini baru dimulai sejam kemudian karena teman-teman Gerbang belum datang semua sehingga waktu usainya pun molor menjadi jam 13.00.

Awalnya acara ini berjalan agak sedikit formal yaitu dengan perkenalan komunitas Gerbang dan sambutan dari Bapak Nur Salim, Kades Punjulharjo dan Ketua Karang Taruna Catur Eka Bhakti Desa Punjulharjo, Mas Mustofa. Beliau berdua menyambut baik dan terbuka kehadiran teman-teman blogger Rembang. Selain itu juga dipaparkan mengenai potensi wisata Desa Punjulharjo terutama situs perahu kuno yang merupakan situs perahu kuno tertua dan terutuh di Asia. Rencana pengembangan Punjulharjo sebagai desa wisata berbasis pesisir juga sudah dipelopori oleh para pemuda melalui penanaman tanaman bakau/mangrove dan cemara laut di sepanjang pantai Punjulharjo. Kita patut berbangga dengan potensi ini dan Gerbang siap menjadi media informasi dan promosi di internet terutama melalui blog rembang.org dan banyak blog jaringan milik anggota Gerbang.

Setelah sambutan formal dari tuan rumah, sedikit demi sedikit acara berjalan santai dengan format musyawarah dan sharing. Adapun hasil atau poin-poin yang disepakati dari pertemuan/musyawarah di Kopdar kedua ini adalah:

1. Pembuatan peraturan posting di grup facebook gerbang, sementara dua poin, yaitu:

a. Postingan/Link jual-beli hanya diperbolehkan pada hari sabtu-minggu, postingan/link tidak boleh berupa money game, MLM, dan referalnya.

b. Untuk memudahkan dan merapikan komunikasi di grup facebook, postingan harus diberi keterangan awalan misal: (Share), (Tanya), (Req), (Jual), (Beli) dll.  

2. Untuk memudahkan sharing atau bertanya, ditetapkan spesialisasi anggota yaitu: Security (Humam/Ahma), WordPress (Kang Niam), Twitter (Deden).

3. Menambah pengurus Gerbang yaitu Syam Arsul sebagai bendahara.

4. Kaos Gerbang segera diproduksi karena sudah memenuhi kuota minimal.

5. Penambahan Kategori Lowongan Pekerjaan dan Bisnis/Jual Beli di Blog rembang.org

6. Pembuatan subdomain blog rembang.org yang akan diisi dengan feed dari member gerbang yang sudah terdaftar dan memenuhi syarat.

Itu saja yang saya ingat, apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dikoreksi dan ditambahi.

Disamping musyawarah menyepakati ketentuan-ketentuan di atas, teman-teman juga saling sharing terutama mengenai SEO jalur white/putih dalam membangun blog yang dipandu oleh Kang Niam, sedangkan bagi teman-teman blogger yang tidak begitu sabar dalam membangun blog, mendapat trik nakal dari Humam agar blognya cepat popular dan mendatangkan traffic atau pengunjung.

Itu saja yang bisa saya tulis, takut kepanjangan kemana-mana wkwk…padahal wes males. Setelah acara di balai desa ini, kita jalan-jalan ditemani pemuda ke situs perahu kuno lalu melihat mesin penyulingan air laut dan diteruskan naik motor ke pantai untuk menengok tanaman cemara laut dan mangrove yang telah ditanam untuk mencegah abrasi laut. Selanjutnya biar foto saja yang menulis dan berbicara hehe.

Kredit Foto: Ain, Kang Niam, Humam

Tentang Amix

Sudah menulis 66 artikel di blog ini.

Dipanggil Amix oleh keluarga dan teman-temannya. Pendiri sekaligus Admin Komunitas Blogger Rembang. Cuman iso copy paste terus edit-edit sithik kanggo Rembang.

2 Responses to Kopdar Gerbang di Desa Punjulharjo

  1. sip mantaf,………

    ane cm bisa ikut senang wae,….. :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] parampaa emoticons by masova, Edited by loewyi Modified from nartzco