Kenapa Rembang Gak Maju-maju?

Jika pertanyaan yang menjadi judul tulisan ini ‘ditodongkan’ ke saya atau Blogger Rembang yang lain, mungkin saya atau mereka akan menjawab “wah… itu pertanyaan salah alamat, seharusnya pertanyaan itu diajukan kepada Bupati Rembang, Wakil Rakyat Rembang, serta semua birokrat yang ada di Pemda Rembang, nek aku ditakoni ngene iki yo berat ra iso njawab….hahaha…..dasar alasan….:sleep:

Rembang memang salah satu kabupaten paling tertinggal di Provinsi Jawa Tengah dan Pulau Jawa dibandingkan dengan kabupaten lainnya. Tertinggal dalam arti tingginya angka kemiskinan dan rendahnya tingkat PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari kabupaten ini. Walau katanya dan dengar-dengar kemarin sudah melewati ‘garis merah’ kemudian mengentaskan dirinya sebagai sebuah kabupaten tertinggal, tapi tetap saja masih tertinggal dibanding kabupaten-kabupaten tetangga.

Bila kita membandingkan Rembang dengan daerah sekitarnya se-Karesidenan Pati (Plat K) misal Pati, Blora, Kudus, Jepara, kota kita tercinta dan tersayang ini tetap saja kalah. Saya sendiri bingung dan tidak tahu mengapa semua ini terjadi…(kaya lirik lagu ya wkwk):music: padahal sumber daya alam dan sumber daya manusia di daerah yang saya sebut tadi tidak lebih unggul daripada Rembang bahkan sumber daya alamnya lebih kaya Rembang (contoh: sumber daya laut/pantai Rembang sangat melimpah).

Sebetulnya potensi-potensi yang ada di Rembang sudah mencukupi untuk tidak membuat kabupaten ini digolongkan sebagai daerah tertinggal. Potensi-potensi ini seharusnya bisa menjadi sumber-sumber pemasukan untuk mendongkrak PAD dan menyejahterakan penduduk Rembang. Namun apa mau dikata, logika dan harapan itu tidak sesuai dengan kenyataannya.

Objek Wisata di Rembang cukup variatif mulai dari wisata laut dan pantai, lalu indahnya pemandangan pegunungan dan asrinya wana wisata. Namun, sampai saat ini belum memberikan sumbangan signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar. Bahkan lebih parah lagi, keindahannya dihancurkan oleh tangan-tangan tidak bertanggung jawab seperti yang terjadi di Hutan Wisata Sumber Semen di Kecamatan Sale yang rusak oleh aktivitas penambangan. Ditambah dengan wisata kuliner khas yang ditawarkan masyarakat Rembang dengan harga terjangkau dan cita rasa berselera tinggi seperti Lontong Tuyuhan ditambah Es Sirup Kawis…Mak Nyus…kata Pak Bondan Fade 2 Black…eh salah Pak Bondan Winarno maksude…hihi…:malu:

Kerajinan tangan warga Rembang juga cukup terkenal seperti Batik Tulis Lasem yang mempunyai corak dan motif tersendiri. Namun ini juga belum mampu mengangkat citra dan nama Rembang secara riil terkait masalah kesejahteraan dan kemandirian pengrajinnya.

Garis pantai laut Rembang merupakan salah satu yang terpanjang yang dimiliki kabupaten di Pulau Jawa. Dengan keadaan geografis demikian, potensi hasil laut Rembang sangat melimpah tapi lagi-lagi ekspektasi tak selalu berbanding lurus dengan realitanya. Saat ini hanya satu yang mungkin bisa dibanggakan kota Rembang mengenai hal ini, yaitu salah satu pejabatnya menjadi ketua Asosiasi Tengkulak Nasional hehehe mantap kan.:cry2:

Sumber daya alam Rembang lainnya seperti di sektor Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Perikanan dan lain-lain (kalau kurang cari aja di kantor-kantor dinas kabupaten terus cateti satu-satu biar lengkap) juga tidak tergarap dengan optimal. Semua masih sebatas potensi-potensi yang tercantum di rencana-rencana dan program-program. Kalau cuman sekedar buat program saja mah bisa…:roll:

Terkait Sumber Daya Manusia dari Rembang sebenarnya sangat tidak kalah dibandingkan dengan daerah lain, banyak orang di Rembang yang pintar, cerdas dan berpengaruh. Putra-putra Rembang banyak mengisi posisi penting di daerah-daerah lain bahkan beberapa di antaranya menjadi pejabat dan Tomas (Tokoh Masyarakat). Terus piye? Saya juga gak ngerti mengapa seperti tidak ada efek-efek positif dan signifikan dari Sumber Daya Manusia yang berkualitas ini. Biasanya memang banyak tokoh Rembang yang enggan atau ‘tidak mau’ balik ke Rembang setelah berhasil. Mungkin masalah ini perlu untuk dijadikan bahan postingan selanjutnya di Blog Gerbang ini, ditunggu ya.

Pembaca mesti ono sing mangkel iki karo mbatin “Terus jawaban atau penyebab dari keadaan tertinggalnya Rembang ini apa dong? Kok dari tadi ngomongin potensi-potensi thok” hihihi…:tanya: kan saya dah ngomong di atas, saya sendiri juga bingung dan gak ngerti, tanya saja ma Pak Bupati ato mungkin Pembaca atau Blogger Rembang lain punya jawaban dan solusinya monggo di-share di sini. Salam Gerbang

Tentang Amix

Sudah menulis 66 artikel di blog ini.

Dipanggil Amix oleh keluarga dan teman-temannya. Pendiri sekaligus Admin Komunitas Blogger Rembang. Cuman iso copy paste terus edit-edit sithik kanggo Rembang.

32 Responses to Kenapa Rembang Gak Maju-maju?

  1. yah…ngomongke daerahe dewe tho, menanggapi yang paragrap SDm yg tdk kalah dengan daerah lain dan kalo setelah berhasil ngga mau balik… ya itu jg ad pd dirimu itu…kenapa tetep dijogja ngga balik ke rembang utk memajukan wisata or pertanian atau memajukan generasi muda sana…kwkkk

    • wah aisah adinda kita :woot: berkunjung…matur nuwun ya…lha ki komunitas rembang mosok bahas omahmu Lampung…kan lucu… :cemberut: aku urung berhasil dadi yo emoh balik…wkwkwk iki yo ws memajukan syah…dunia blogger (IT) Rembang haha :lol: opo maneh aku arep nyalon bupati dijegal sek je karo KPU (Komisi Pemilihan ora Umum) hoho bupati ketoprak hiyo… :nyesel:
      Admin memposting..Rembang Butuh Pemimpin Seperti JokowiMy Profile

  2. gabung pati wae rak wis, ben maju…

    • wah master kita teko ki… :cool: haha pati yo ra pati maju kok kang tapi iseh mending sih daripada kutone awake dewe. :die: Nak jare koncoku soalnya Rembang hanya punya gigi R (reverse) dadi mundur terus :sad: ditunggu kontribusi postingane bang, ojo ngoyo2 golek dolare tapi ojo lali juga traktirane nak PI ki master adsense…. :fufu:
      Admin memposting..Emoticon Blog Asli RembangMy Profile

  3. Hello bro, kunjungan balik nih. Wah, kota Rembang yach? Kebetulan dulu pernah kesana, waktu mudik ke kampung halaman di Jawa. Sebuah kota pinggiran laut yang cukup indah menurutku, Insya Allah ada waktu main kesana lagi. Thanks udah berbagi bro…
    Dwi Wahyudi memposting..Kebebasan Berekspresi Internet di Indonesia Tak Sebebas Nasib Seorang Prita MulyasariMy Profile

  4. assalamualaikum salam sahabat lan sedulur .. supaya rembang maju enaknya di surung ae..he..he.. 🙂 buat adminnya seep dah wkwkwk…
    Niamblog memposting..Perangkat Kegiatan Belajar Mengajar SMPMy Profile

  5. halo gan banner dah tak tancepin di blog saya.. silahkan dicek yah disini: http://niammuddin.blogspot.com/ moga saja dengan adanya tempat ngumpul blogger rembang, blogger rembang bisa maju dan berkembang :lol:
    Niamblog memposting..Perangkat Kegiatan Belajar Mengajar SMPMy Profile

  6. oke gan makasih dah dicentelin disini :lol:
    Niamblog memposting..Redirect Domain Dengan Mode HeaderMy Profile

  7. bagaimana kalo kita buat kursus gratis bisnis online di rembang….
    gratis alias ra sah mbayar..
    cuman gowo laptop karo modem dewe2…
    dadi kita mung modal idu tok…alias cuman share ilmu dan pengalaman….
    kalo ada 1000 blogger di rembang mungkin bisa lebih maju karena arus dollar ke rembang akan makin tinggi tiap bulan…
    wkwkwkwk…sok nggaya yo…

  8. Salam Blogger Kang Mas Admin GERBANG, mantap artikelnya semoga Blogger Rembang Makin Solid dan tampil di depan dalam memajukan Rembang.

  9. smoga mantef nie blog,…… bisa mnyuarakan pemuda (blogger) rembang terkhusus,….. BANGKIT !!!!

    Kenapa Rembang Gak Maju-maju? yg maju tu baru pelabuhannya kang, yg terus ke tengah laut, wes soyo mantef dah !!!

  10. tambahan meneh, gak maju-maju soale jenenge Rembang dadi nak arep maju gak iso soale ono sing mbengok…Rem…Bang…Rem…Bang….cobo jenenge diganti Gasbang mesti langsung Gas…Bang…terus…Gas Bang…nganti nabrak-nabrak ra karuan…wkwkwk
    Admin memposting..Wisata Budaya ke Kota Tua LasemMy Profile

  11. baru tahu ada gerbang, telat deh. but saya dukung blog ini sebagai media berfikir kritis para pemuda rembang. Cogito Rembang sum, diawali dengan pemikiran pasti nanti akan lebih baik..hehe salam buat bloger semua..
    kaze memposting..MENKOMINFO MLEMPEMMy Profile

  12. Mngpa orng kalo udah sukses g ingin kmbali k’rmbng..??
    mrka pnya bnyak alasan untk tdk kmbli ke kmpung hlaman.. mngkn krna rmbg yg krg maju, lapangan pkrjaan yg krang, PAD yg rndah dsb.. mslah yg signifikan adalah kalo mrka kmbali k’rmbng mw krja pa?? toh UMR rmbng jg trgolong rendah…
    Blum lg, CPNS rmbng jg bner2 g murni.. untk mnjdi PNS d’rmbng hrs pnya uang min 70jt.. tu mah kalo orang brduit, kalo g?? mrka g akn bsa jd PNS d’daerah asal.. Maka dr itu stlh lulus kuliah mrka lbh memilih daerah lain yg bner2 tesnya murni n g pke uang.. trz, kalo PNS pke uang brt sama ja dnk antara yg bner2 skolah sma yg g..?? Trz ilmunya buat pa?? kalo smuanya dtrima pke uang.. rugi dnk skolah tinggi2 n bgus kualitasnya.. toh sma ja hsilnya..

    Ya nggak?? mnurut admin gmn??

  13. oleh sebab itu lah saya pindah dari rembang, 5 tahun belum bisa membuat saya betah. Rembang kota bangkit, ayo lari jangan hanya bangkit.. Salam. Matur suwun

  14. Ya enggaklah brow sekaresidenan letter K, jika rembang paling terbelakang. Yang paling ngenes tuh blora, mending rembang masi dilewati jalan pantura sehingga 24 jam denyut nadi ekonomi berdetak. Naaah kalo di blora suuuuueepi bak kota mati, lengang, jalanan gak ada mobil, denyut ekonominya cuma 2 jam perhari yakni jam 7 pagi dan jam 1 siang ketika anak2 pergi dan pulang ke sekolah. Jika di cermati dari sisi PDRBpun rembang masi unggul dibanding blora. Keenakan blora ntar kalo ente ngrendahin rembang. Nyang punya GiGi R ntuh blora tapi kalo rembang GiGi N(Neutral, mundur kagak maju tapi dikit) wkwkwkwkwk……………!!!

    • Oh gitu to bro, syukurlah kalo begitu. Kalo pake patokan PAD gimana ya? hehe…beda lho ya PAD sama PDRB xixi…cari dulu ya perbedaan PAD sama PDRB trus datanya juga xixi..PR buat kamu…huhu

  15. Waduuuhhh bijimene nih, terang aja soal PAD rembang jauh lebih unggul. Target blora 2013 Rp.77M, itu target brow entah realisasinya berapa ane kagak tau. En Rembang Target 2013 Rp.126M, boro-boro meleset, orang baru bulan november ajah udah terlampaui yakni Rp.127M. Udah dech, orang kenthir n sableng bila ngomongin blora lebih maju drpade rembang. Dilihat dari cirebon atau dilihat dari jalur gazapun blora tetep ngenes, tandus dus dus, sepi pi pi pi, kota mati ti ti ti ti…………………………………………………………………………… Blora akan maju jika daerah lain udah jenuh dan muak dgn kemajuan, wkwkwkwkwk

  16. Oh ya bray, ane sebenarnya anak blora dan sampe lulus SLTA. Namun ane tinggal di bojonegoro tetangga blora di sebelah timur nyang hanya terpisah sungai bengawan solo. Sebagai anak blora saya miris dan terheran2 kenapa daerah yg kaya SDA alam mulai hutan jati sampe migas sejak jaman kolonial hingga sekarang pembangunan stagnan, ibarat roda selalu selip dan berputar di tempat. Coba bayangkan bojonegoro yg kemarin sore menahbiskan diri sbg kota migas tetapi mampu melesat tak terkejar oleh blora. Ini bisa dilihat dari geliat pembangunan infrastruktur yg pesat sekali. Perbedaan sangat mencolok misalkan ketika kita dalam prjalanan melewati bojonegoro pasti tercengang, jalan utama dibeton selebar 12 meter(walau belum semuanya) dan terang benderang ketika malam tiba mulai boureno sampe padangan sejauh sekitar 70Km. Namun ketika memasuki wilayah blora kita lagi-2 dibuat makin tercengang, jalanan sempit(maka dianggap jalur mati), gelap, jalan rusak dan sepi, uuhhh menyebalkan. Dari sisi PAD dari blora 77M dan bojonegoro udah 200M ke atas. Dari DBH migas blora hanya seputaran 3M dan Bojonegoro hampir 450M, gila bener. APBD blora 1,4T & bojonegoro 2T ke atas. PDRB blora seputaran 5T sedangkan bojonegoro melesat 30T ke atas, sableng. Mungkin PDRB blora, rembang, grobogan n Pati jika dijumlahkan belum mampu menyamai PDRB mbojonegoro, Kenthir. Data bisa di telusuri di mbah gugel. Wis mbuh mbloro kie, gawok.

    • Haha..ente belum tahu pelosoknya Rembang sih bro…tahu tegaldowo gak bro…jurang bro..wkwkwk…guayaku ws bra-bro
      Linknya tu mana yang ngomong PAD Rembang lebih tinggi hehe…
      Kalo perlu kirim 2 PDF-nya ke surya.cendekia@gmail.com
      Kalopun lebih tinggi, ya mbok jangan diomong-omongke…sstt…wong tujuan ane biar warga Rembang terbuka matanya je…malah dibilangin lebih maju dari Blora.

  17. kenapa rembang gak..maju..maju…. mungkin bisa dikatakan salah urus…dalam mengelola SDAnya…. jujur rembang secara goegrafis sebenarnya sangatlah berpotensi,karena terletak antara jalur jakarta surabaya….,tapi kenapa ekonomi gak bisa tumbuh siknifikan….? cobalah kita bandingkan dengan kabupaten sebelahnya Tuban atau Lamongan..kenapa 2 Kab ini begitu maju….? padahal secara geografis gak jauh beda. mungkin para pemangku jabatan yang kurang inovatif atau emang sudah kodrat Kab rembang untuk menjadi daerah tertinggal.. jujur saja kadang miris juga kalo denger berita para anggota dewan kungker jauh jauh ke Kab sebrang kalo memang ada niat untuk membangun rembang kenapa gak belajar dari kab tuban atau lamongan yg boleh dikatakan sudah terbukti mampu meningkatkan taraf hidup masyarakatnya..?. padahal banyak kesamaan antara lamongan dng rembang, semoga ini bisa menjadi renungan para pemangku jabatan yang ada di kab rembang.terima kasih.

  18. siji maneh….. pemkab rembang bisa bikin trotoar tapi gak kuat membiayai pengecatan trotoarnya.. bisa dilihat tuh ada di kec kragan, kurang lebih 3 tahun trotoarnyamasih mulus alias belum di cat…hehehe.. coba kalo untuk anggaran mobil dinas gak sampai 1 tahun pasti bisa beli mobdin baru..jan….ngenez tenan brow…..

  19. Waaah rembang masak begetow, kalo jalan rusak hampir di semua wilayah ada tak terkecuali lamongan maupun bojonegoro. Cuma rada amir-amir dah kalo di blora, gak kampungnya, jalan utamanya semua ancooorrr. Dari denyut ekonomi Rembang lebih diatas Blora, FAAACKCTAAA. Cuman Rembang kalah maju sama Tuban atau Lamongan.

  20. Bagaimana kalo wacana RaTuBangNegoro menjadi Propinsi di munculkan lagi, waaah pasti seru. RaTuBangNegoro adalah suatu wilayah yg ada di perbatasan propinsi jateng dan jatim yakni Blora, Tuban, Rembang dan Bojonegoro.
    Jika keempat wilayah itu digabung akan menjadi suatu kekuatan yg dahsyat baik secara ekonomi, sosial dan budaya. Apalagi 4 daerah tsb dua diantaranya pernah jadi ibukota karesidenan yakni Rembang & Bojonegoro, sudah ada sedikit modal.
    Alamak jaaang, gak kebayang kalo benar2 terwujud :

    1.Rembang dilintasi jalur Nasional pantura, punya laut, PLTU, proyeksi pabrik semen, kota religius, Kaya SDA dll.
    2.Tuban juga dilintasi jalur Nasional Pantura, PLTU, kota wisata, penghasil semen terbesar, kota religius, kota pelabuhan, Kaya SDA dll.
    3.Bojonegoro dilintasi jalur Nasional penghubung pantura dgn jalur selatan ngawi, penghasil migas terbesar, surplus beras, penghasil tembakau dan rokok, Kaya SDA dll.
    4.Blora dilintasi jalur propinsi/alternatif, penghasil migas, pertanian, hutan jati, gula, Kaya SDA dll.

    Sangat potensial sekali kalo hal itu menjadi kenyataan. Ruaaarrr Biasa.

  21. Mas Amix(Admin) Salam kenal, salam kenal. Saya agoes Cah Sragen, tinggal di JABODETABEK. Tertarik ingin mengenal Rembang lebih jauh dan penasaran ingin dapat jawaban KENAPA REMBANG TDK MAJU MAJU hehehe…. Mas Amix bisa bantu data dan info nya tidak? Thanks.
    Emailku: agoeswahyoedi75@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] parampaa emoticons by masova, Edited by loewyi Modified from nartzco